Notification texts go here Contact Us Buy Now!

CARA MEMATIKAN WINDOWS 10 / WINDOWS 11 UPDATE

Kadang kala windows update membuat pc menjadi lemot dan koneksi internet berkurang. Berikut tips mematikannya.
Pada saat kita melakukan install ulang sering kali menemukan pembaharuan otomatis (automatic updates) pada komputer yang kita install windows 10 atau bagi yang telah update ke windows 11 juga mengalami hal yang sama. 



Pembaharuan windows ini sangat berpengaruh pada layanan yang kita gunakan pada windows, seperti windows 10 education, windows 10 home, windows 10 profesional, berbeda cerita ketika menggunakan versi windows 10 enterprise. Pembaharuan sistem operasi memang memberikan dampak yang bagus bahwa semua sistem akan diupdate dan security lebih ditingkatkan. Tapi, apa yang terjadi jika kita melakukannya terlalu sering, yah makin parah lemot donk pc kita dan semakin sekarat paket juga.

Pembaharuan windows ini meminta kita untuk menghubungkan laptop/komputer kita terkoneksi dengan internet dan melakukan install. Kadang kala ketika itu terjadi kita koneksi melalui paket data yang di tetheringkan membuat paket kita lebih cepat habis dan kecepatan browsing di pc kita menjadi lebih lemot. 

Berikut ini kami membagikan, cara mematikan windows update/ automatic updates pada windows 10 atau windows 11. 


1. Lewat pengaturan

Jika kamu ingin menjadi pemberitahuan update hingga beberapa hari kedepan, kamu bisa mengaturnya di Settings (pengaturan) komputer atau laptop Windows 10. Cara mematikan auto update windows 10 ini dapat menghentikan pembaruan sistem hingga 35 hari ke depan.

Untuk mematikan pembaruan otomatis sementara, gunakan langkah-langkah berikut:
  • Buka Settings dan pilih Update & Security
  • Tekan Windows Update, lalu tekan Advance options
  • Pada bagian Pause update pilih Select date untuk menentukan berapa lama mematikan update Windows 10
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, update Windows 10 akan sepenuhnya dinonaktifkan hingga hari yang ditentukan.


2. Lewat aplikasi EaseUS

EaseUS adalah aplikasi yang salah satunya berfungsi untuk mematikan update Windows 10. Fitur ini memungkinkan pengguna mematikan update Windows dengan sekali klik. Berikut cara mematikan auto update windows 10:

  • Download EaseUS Tools M secara gratis dan instal di komputer kamu.
  • Jalankan EaseUS Tools M dan masuk ke ‘System Update Management’.
  • Cara mematikan auto update windows 10 ini akan mendeteksi status layanan Pembaruan Windows secara otomatis. Jika update Windows dalam status diaktifkan, klik "Disable" untuk menghentikan layanan.
  • Selain mematikan update Windows 10, EaseUS juga mampu mengaktifkan kembali update Windows, memperbaiki hard drive, dan menghapus atau menonaktifkan perlindungan tulisan.

3. Lewat fitur Group Policy

Fitur Group Policy hanya tersedia pada Windows 10 Professional, Enterprise, dan Education. Melalui fitur Group Policy, kamu dapat mengubah pengaturan untuk mencegah Windows 10 mengupdate secara otomatis.

  • Tekan tombol logo Windows + R pada keyboard, lalu ketik gpedit.msc dan klik OK.
  • Buka "Computer Configuration" > "Administrative Templates" > "Windows Component" > "Windows Update".
  • Klik dua kali pada "Configure Automatic Updates".
  • Dalam tampilan ini pilih opsi “Disable” di pojok kiri halaman, lalu tekan Apply dan OK untuk menonaktifkan fitur update otomatis Windows.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows 10 akan berhenti menginstal pembaruan secara otomatis di perangkatmu.

4. Lewat fitur service.msc

Selain menggunakan keyword gpedit.msc, kamu juga mematikan update Windows melalui fitur Run dengan menggunakan keyword services.msc, berikut caranya.

  • Tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan untuk mengaktifkan kotak Run, lalu ketik service.msc
  • Setelah itu kamu akan berada di halaman service. Gulir ke bawah sampai menemukan Windows Update dan tekan dua kali.
  • Di sebelah kalimat Startup type pilih opsi "Disabled", lalu tekan "Apply" dan "OK" untuk menyimpan pengaturan.

5. Lewat Run + Regedit

Cara mematikan auto update windows 10 ini sama seperti sebelumnya, cara ini juga menggunakan fitur Run (Windows + R), namun keyword yang digunakan berbeda.

  • Buka perintah Run (Win + R), dan ketik regedit, lalu tekan OK
  • Pilih file HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Policies > Microsoft > Windows > WindowsUpdate > AU
  • Ketik dua kali pada 'AuOptions' dan di bawah 'Value Data' ketik 2 dan klik 'OK'. Opsi ini untuk meminta persetujuan pengguna jika ada aplikasi atau program yang akan diinstal.
  • Buka aplikasi Pengaturan (Win + I) dan arahkan ke -> Update and Security > Windows Update, lalu pilih ‘Check for Updates’
  • Restart komputer untuk mematikan update Windows 10.

Catatan : 
Mematikan auto update windows itu juga berdampak pada keamaan dan stabilitas pada sistem. Jadi mematikan bisa memberikan efek negatif, tetutup dari efek negatif, kamu bisa dapat menyesuaikan kapan akan diaktifkan kembali atau tetap terus bertahan dalam keadaan mati. 

About the Author

Miko Martunus merupakan nama seorang anak yang terus berusaha agar lebih baik dan lebih baik lagi. Hobi dan suka dengan teknologi.

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :) serta gunakan lah kata y positif dan membangun dan hindarilah penggunaan kata yang sara dan tidak relevan
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.