Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Hidupkan Hati dengan Al-qur'an

SAUDARAKU,

Sebagai mukjizat abadi, dominasi ruh Al-Quran dalam diri sahabat inilah yang menjadikan mereka sebagai pribadi-pribadi unggul. Bahkan Nabi tak sungkan menyematkan kepada sahabat-sahabatnya gelar “generasi terbaik” sepanjang kehidupan manusia.

Ahli Tafsir Abdurrahman as-Sa’di menjelaskan, ruh al-Quran sanggup menghidupkan hati dan jiwa manusia. Dengannya segala urusan dunia termasuk akhirat menjadi lancar dan kokoh. Sebab Al-Quran mengandung berkah kebaikan yang banyak dan ilmu yang bermanfaat.

Menurut as-Sa’di, hal itu adalah mutlak hak kuasa Allah yang diberikan kepada siapa yang Dia hendaki untuk mendapatkan hidayah. Untuk itu, siapa yang mendapati dirinya tentram dengan bacaan Al-Quran maka ia wajib bersyukur karena telah mendapatkan karunia besar dari Allah.

Saudaraku,

Salah satu indikasi hati yang mendapat sibghah (celupan) Al-Quran adalah ketika seorang hamba mendapati jiwanya tenang dengan bacaan Al-Quran.

Ia menikmati lantunan tersebut bahkan bergetar dengan ayat-ayat Al-Quran. Termasuk indikasi tersebut, ketika orang itu dimudahkan oleh Allah mengamalkan Al-Quran dalam kesehariannya. Mulai dari menjaga ibadah-ibadah yang bersifat fardhu ain hingga amalan sunnah lainnya sebagai penopang yang wajib.

Saudaraku,

Sebaliknya, akhlak yang buruk menjadi cermin utama dari hati yang kering. Sehari-harinya orang yang jauh dari Al-Quran hanya disibukkan dengan keburukan dan perbuatan maksiat kepada Allah.

Dari Ibn Umar ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wassallam bersabda, “Hati ini berkarat seperti berkaratnya besi jika terkena air. Lalu beliau ditanya: Apa pembersihnya? Sabda beliau: banyak mengingat mati dan membaca Al-Quran.”
(HR: Al-baihaqi)

Senada, Malik bin Dinar pernah mengingatkan, “Wahai ahlu al-Quran? Apa yang telah Al-Quran tanam pada hati-hati kalian? Sesungguhnya al-Quran itu mampu menghidupkan hati layaknya hujan yang menyuburkan tanah yang tandus sekalipun,” (Al-Jami’ li Ahkam al-Quran, al-Qurthubi).


About the Author

Miko is a simple human who has hobby off reading, writing, and likes to learn programming languages with a little dream to be alike a coconut tree

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :) serta gunakan lah kata y positif dan membangun dan hindarilah penggunaan kata yang sara dan tidak relevan
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.