Notification texts go here Contact Us Buy Now!

3 Cara Mudah Agar Gula Darah Selalu Stabil

Shiina Mashiro -Penderita kencing manis seringkali mengeluh ketika dianjurkan untuk menjaga keseimbangan gula darahnya. Hal ini karena menurut mereka menjaga keseimbangan gula darah bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Apakah anda juga menemui kesulitan seperti mereka? Jika ya, mungkin tiga tips berikut ini dapat membantu anda agar upaya untuk mencapai keseimbangan gula darah dapat anda lakukan dengan mudah.

Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang anda konsumsi setiap hari dapat mempengaruhi keseimbangan gula darah. Apalagi jika anda cenderung mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi. Dengan konsumsi makanan tersebut, tentunya resiko anda untuk mengalami lonjakan gula darah akan semakin meningkat. Inilah yang nantinya membuat upaya anda dalam hal menjaga keseimbangan gula darah cenderung menemui jalan buntu. Padahal sebenarnya, keseimbangan gula darah dapat dicapai dengan mudah dengan pemilihan jenis makanan yang tepat.

Salah satu makanan yang dapat membantu upaya anda dalam hal menjaga keseimbangan gula darah adalah sayuran. Hal ini karena sayuran diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi akan dapat mengupayakan tercapainya keseimbangan gula darah dengan menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Selain itu, serat yang diperoleh dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga berat badan anda agar tetap stabil. Dengan berat badan yang ideal, tentunya berbagai masalah kesehatan yang biasanya muncul akan dapat dihindari tanpa harus mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Selain sayuran, makanan lainnya yang dapat dijadikan sumber serat harian anda adalah buah. Namun perlu diketahui juga beberapa jenis buah yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, seperti pisang, nanas, durian dan mangga yang justru dapat memicu lonjakan gula darah. Jadi agar kadar gula darah tetap dapat mendekati stabil, akan lebih baik jika anda mengurangi konsumsi buah tersebut. Gantilah dengan buah jeruk, semangka, apel, strawberi dan mengkudu. Selain itu, konsumsi makanan lainnya yang termasuk ke dalam daftar makanan untuk penderita diabetes melitus perlu dipertimbangkan juga agar dapat membantu upaya anda dalam hal menjaga keseimbangan gula darah. 

Be More Active

Aktifitas fisik ternyata juga berpengaruh terhadap keseimbangan gula darah penderita kencing manis. Karenanya akan lebih baik jika aktifitas fisik anda ditambah. Salah satu cara untuk menambah aktifitas fisik adalah dengan berolahraga secara teratur. Namun kenyataannya, olahraga justru dihindari oleh penderita karena takut akan resiko hipoglikemia. Padahal hipoglikemia juga dapat dialami meski penderita tidak sedang melakukan aktifitas fisik apapun. Karenanya resiko hipoglikemia sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk dapat berolahraga secara rutin. Apalagi mengingat manfaat yang dapat diperoleh penderita akan sangat besar, khususnya dalam menjaga keseimbangan gula darahnya.

Bagaimana dengan jenis olahraga yang akan dilakukan? Apakah ada jenis olahraga khusus untuk penderita penyakit gula darah? Jenis olahraga khusus untuk penderita diabetes memang sudah lama ada. Jenis olahraga tersebut biasanya dikenal dengan istilah senam diabetes melitus yang gerakannya sudah disesuaikan dengan kondisi fisik penderita yang lemah. Dengan adanya senam tersebut, maka diharapkan upaya penderita untuk mencapai keseimbangan gula darah akan dengan mudah dicapai.

Jaga Berat Badan

Selain kedua hal tersebut di atas, penderita kencing manis juga perlu menjaga berat badannya. Apalagi jika penderita mengalami obesitas. Hal ini karena obesitas dapat mengurangi sensitifitas sel terhadap insulin dengan cara merusak keseimbangan hormon. Dengan mengetahui kedua efek negatif obesitas atau berat badan berlebih, maka diharapkan penderita dapat selalu menjaga berat badannya. Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan adalah dengan berolahraga sehingga nantinya akan diperoleh dua manfaat sekaligus yang berdampak positif terhadap gula darah penderita. Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menjaga keseimbangan gula darah,

About the Author

Miko is a simple human who has hobby off reading, writing, and likes to learn programming languages with a little dream to be alike a coconut tree

Posting Komentar

Mohon Tulis Komentar nya untuk perbaikan ke depan nya :) serta gunakan lah kata y positif dan membangun dan hindarilah penggunaan kata yang sara dan tidak relevan
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.